Ini 7 Tren Teknologi yang Sedang Mendisrupsi Dunia Bisnis Menurut Fortune.idn.com

Fortune Indonesia: Berita Ekonomi Terbaru banyak membawakan berita terbaru terkait perkembangan teknologi dalam negeri maupun dunia, di mana investasi teknologi masa depan akan membawa perubahan signifikan. Lantas, bagaimana dengan inovasi teknologi yang terjadi dengan kecepatan, tetapi belum pernah terjadi sebelumnya? Ini beberapa contohnya.

1. Next Level Process Automation

Sekitar setengah dari semua aktivitas kerja yang ada, nantinya dapat diotomatisasi pada tahun 2025. Otomatisasi dan virtualisasi dalam tingkat berikutnya mencakup sektor industrial dalam IoT, collaborative robot, dan robotic process automation yang juga disebut sebagai RPA.

Virtualisasi proses akan mencakup simulasi, di mana lanjutan akan menggunakan kembar digital untuk percetakan 3D maupun 4D, yang kemudian akan diubah karena produknya sudah dikembangkan. McKinsey yang melakukan penelitian pun memprediksi bahwa lebih dari 50 milliar perangkat akan terhubung dan kembar digital dapat dimanfaatkan.

2. Future of Connectivity

Siapa yang tidak menginginkan konektivitas lebih cepat? Kecanggihan ini akan sangat memungkinkan lewat adanya jaringan 5G dan pasar IoT yang sedang booming. Teknologi tersebut akan membuat konektivitas lebih cepat untuk melintasi jarak yang lebih jauh.

Layanan baru akan mencakup beberapa layanan, di antaranya memantau pasien dari jarak jauh, model bisnis dan pengiriman energi baru, pengalaman virtual pada generasi berikutnya karena virtual reality. Pada tahun 2030 nanti, beliau sudah memperkirakan bentuk baru, yakni high-band dan low-to-mind band 5G.

Melihat kemungkinan ini, para security leaders yang sudah siap menghadapi tantangan dalam melindungi adopsi teknologi. Perlindungan data akan terus menjadi masalah keamanan yang perlu diperhatikan.

3. Infrastruktur Terdistribusi

Adopsi untuk cloud maupun edge computing dapat terus berkembang sampai tahun 2022. 70 persen perusahaan akan memanfaatkan platform hybrid-cloud dan multicloud sebagai bagian dari TI terdistribusi.

Ketersediaan distribusi dan layanan TI yang luas membuat komputasi awan dapat menghilangkan infrastruktur di lokasi, sampai memperdagangkan peraturan dan pemeliharaan. Dengan begitu, perusahaan dapat menghemat biaya, mencegah kompleksitas, dan mempertahankan keamanan siber mereka

4. AI Terapan

Apa itu AI terapan? Artificial Intelligence (AI) masih dalam tahap awal dan perusahaan terus mencari cara untuk memanfaatkannya dengan benar. Meskipun perusahaan mana saja bisa mendapatkan nilai bagus dari AI jika diterapkan secara berulang dan efektif.

Saat AI matang dan terus berkembang, ini akan memungkinkan aplikasi baru untuk memproses data dan mengungkap wawasan baru untuk pelanggan. Misalnya, pengarsipan atau persiapan dokumen akan menjadi lebih mudah.

5. Next-Generation Computing

Tren yang diambil dari informasi Fortuneidn.com ini menjadi paling luas jangkauannya karena sudah mencakup komputasi quantum dan neuromorfik. Kedua hal tersebut melibatkan pengembangan sirkuit terpadu yang dikhususkan untuk aplikasi.

6. Future of Programming

Neural networks dan machine learning adalah penggunaan teknologi untuk menuliskan kode dan mewujudkan perangkat lunak baru. Nantinya, akan ada pengurangan sebanyak 30 kali lipat untuk mengembangkan dan melakukan analitik perangkat lunak.

7. Trust Architecture (TA)

Tren dari Fortune.idn.com yang terakhir ini adalah perwujudan keamanan untuk menggambarkan serangkaian teknologi maupun pendekatan untuk meningkatkan serangan siber. Keandalan perangkat saat data mengalir di jaringan, API, dan aplikasi.

Itulah beberapa tren teknologi yang diperkirakan akan berpengaruh untuk dunia ekonomi. Ikuti terus berita terbaru dari Fortuneidn.com untuk menjadi trendy dalam masalah finansial di negara sendiri dan dunia.