Si Kecil Terserang Tipes? Coba Berikan Buah-Buahan Ini

Demam tifoid terjadi ketika makanan dan minuman yang Anda konsumsi tercemar oleh feses orang yang terinfeksi. Penyakit yang lebih dikenal dengan nama tipes tersebut disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Anak-anak dikatakan lebih rentan terinfeksi demam tifoid karena sistem imunnya yang masih dalam perkembangan.

Saat si kecil terserang tipes, ada jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, ada pula sejumlah makanan yang perlu dihindari. Beberapa buah dipercaya bisa membantu proses penyembuhan tipes. Simak daftarnya di sini!

Bagaimana penyakit tipes bisa terjadi?

Katanya, anak-anak cenderung lebih rentan terinfeksi tipes dibandingkan orang dewasa. Kenapa begitu? Karena sistem imun mereka masih berkembang dan kesadaran diri terkait kebersihan pun dinilai masih kurang.

Penyakit ini sangat berkaitan dengan gaya hidup sehat dan praktik higiene yang dilakukan seseorang. Pasalnya, demam tifoid menular lewat makanan dan minuman yang tercemar bakteri. Dari mana asal bakteri itu? Ya, dari feses atau kotoran orang yang terinfeksi tipes.

Apabila seseorang tidak terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, atau suka jajan sembarangan, besar kemungkinan ia akan terinfeksi bakteri S. typhi. Terlebih lagi, kalau daya tahan tubuh mereka sedang melemah.

Setelah anak menelan dan mencerna makanan atau minuman yang telah tercemar Salmonella typhi, bakteri tersebut akan ikut masuk ke dalam aliran darah. Kemudian S. typhi terbawa oleh sel darah putih menuju organ-organ tubuh dan berkembang biak di dalamnya.

Selanjutnya, bakteri masuk kembali ke aliran darah. Saat inilah, respons sistem imun bekerja. Si kecil mulai mengalami demam sebagai reaksi tubuh terhadap masuknya patogen berbahaya.

Bakteri kemudian masuk ke dalam kantong empedu dan usus, tempat di mana S. typhi akan berkembang biak lebih banyak. Saat anak buang air besar, bakteri yang turut keluar bersama feses menandakan bahwa ia telah terinfeksi demam tifoid.

Buah apa saja yang bisa dikonsumsi anak saat tipes?

Untuk mempercepat penyembuhan tipes, kebutuhan nutrisi anak harus tercukupi. Karenanya, orang tua memang perlu berhati-hati dalam memberikan makan pada anak.

Tidak dipungkiri lagi, buah-buahan memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Apalagi, ketika seseorang sedang sakit. Berbagai senyawa dan nutrisi yang dikandungnya akan menunjang tubuh untuk melawan infeksi penyakit, termasuk tipes. Lantas, apa saja jenis buah yang perlu dikonsumsi saat si kecil tipes?

1. Pisang

Ketika tipes, makanan yang sebaiknya diberikan pada anak adalah yang bertekstur lembut. Buah pisang salah satunya. Teksturnya yang lembut dan lunak membuatnya mudah dicerna oleh si kecil. Tidak hanya itu, probiotik yang terdapat pada buah satu ini akan membantu meredakan gejala diare.

2. Alpukat

Buah dengan daging lembut lain yang bagus untuk dikonsumsi saat anak tipes adalah alpukat. Terlebih lagi kalau anak Anda mengalami gejala sembelit atau sulit BAB. Kandungan seratnya yang tinggi akan melancarkan pergerakan usus si kecil, sehingga memudahkannya buang air besar.

3. Jeruk

Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi. Vitamin C di dalamnya bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Bukan cuma itu, vitamin ini juga mampu menjaga dan mengoptimalkan kerja sistem imun dalam melawan bakteri Salmonella typhi.

4. Semangka

Semangka memiliki kandungan air dan serat yang juga cukup tinggi. Konsumsi buah semangka bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan anak selama sakit tipes, dan mencegah terjadinya dehidrasi.

5. Buah naga

Buah yang satu ini memiliki daging yang lembut dan tidak memiliki rasa yang tajam. Mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, konsumsi buah naga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan tipes.

Sebelum memberikannya pada anak, Anda harus memastikan buah tersebut telah dicuci dengan air matang dan dikupas sepenuhnya. Untuk memudahkan anak, Anda bisa memberikan buah-buahan ini dalam bentuk jus.

Sementara itu, buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi yakni segala buah-buahan yang harus dicuci dengan air dan tidak bisa dikupas. Misalnya buah beri. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan pencemaran bakteri di air mentah.

Itulah beberapa manfaat dari buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan buah aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan untuk membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain buah, Anda juga dapat membeli aneka produk kebuthan sehari – hari di sini seperti aneka sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, beli buah di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.